Home excel / knowledge / office


PivotTable adalah salah satu fitur Excel untuk merangkum, menganalisa, mengeksplorasi dan mempresentasikan data.

PivotTable sangat powerful untuk merangkum data dalam jumlah besar dalam waktu yang sangat singkat. Dengan PivotTable, kita bisa memanipulasi layout data sesuai kebutuhan. Misalnya, departemen penjualan ingin menganalisa data penjualan dalam beberapa sudut pandang yang berbeda seperti dari sudut pandang wilayah, produk, maupun tenaga penjualan.

Untuk itu, penguasaan PivotTable sangat penting bagi Anda yang sering berurusan dengan data dalam jumlah besar, misalnya data analyst, accounting dll. Sayangnya, banyak Excel user yang kurang percaya diri dalam menggunakan PivotTable.

Umumnya karena menganggap PivotTable terkesan kaku dan kurang fleksibel. Saya harap, setelah membaca ini Anda lebih percaya diri dalam menggunakan PivotTable.

Manfaat PivotTable Seperti disebutkan sebelumnya, PivotTable sangat powerful untuk menganalisa data. Manfaat penggunaan PivotTable adalah sebagai berikut:

  • Mengelompokkan data berdasarkan kategori yang diinginkan
  • Merangkum atau meringkas data dalam berbagai perhitungan (sum, average, dll)
  • Memfilter data untuk menampilkan data yang diinginkan
Semoga bermanfaat, ditunggu ya pembahasan berikutnya, jangan lupa tinggalkan komentar.

dukungan sumber: jagoExcel[dot]com

Baca juga :

Tidak ada komentar

Posting Komentar

to Top